Kamis, 11 November 2010

Bab 4. Mencari Informasi dan Berkomunikasi Melalui Internet

A. Menggunakan pelayanan internet dalam akses Informasi dan komunikasi 1. Melakukan pencarian Informasi menggunakan situs sesuai dengan mata pelajaran


    
Terdapat berbagai macam situs yang khusus membahas satu topik mata pelajaran,antara lain:
  • www.chem-is-try.org....membahas mengenai ilmu kimia
  • www.ilmukomputer.com...membahas mengenai ilmu komputer
  • www.fisika.lipi.go.id...membahas mengenai ilmu pengetahuan
  • www.invir.com...berisi contoh soal ujian atau ebtanas
Hasil pencarian yang lebih baik dapat kamu peroleh karena google menyediakan fasilitas pencarian yang lebih baik.
Kita dapat menentukan format file yang akan kita cari dengan menggunakan fasilitas ini
.Misalnya, kita ingin melakukan pencarian Portable Document format(PDF)mengenai majalah komputer.
Google melakukan pencarian secara tepat dan tepat serta hanya mencari di halaman web yang berbahasa Indonesia.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk melakukan pencarian denganmenggunakan cara ini:
  • jalankan browser, ketik www.google.co.id pada address bar, lalu tekan enter
  • klik hyperlink bertuliskan pencarian khusus di samping kotak isian kata kunci pencarian, maka akan muncul tampilan halaman pencarian khusus
  • hasil pencarian yang muncul berupa format PDF
  • Trik pencarian melalui google.
B.Pengguna Layanan Chatting
untuk berkomunikasi Chatting adalah Percakapan interaktif antar sesama pengguna komputer yang terhubung dalam suatu jaringan.
Percakapan ini bisa dilakukan dengan saling berinteraktif melalui teks, maupun suara. lihat juga chat.
Berbagai aplikasi dapat digunakan untuk chatting ini, baik melalui SMS, aplikasi messenger seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, mIRC, dll.Chatting melalui program mlRC,

langkahnya sebagai berikut:
1. jalankan program mIRC dari dekstop atau start menu komputer
2. klik continue
3. secara otomatis akan muncul jendela mIRC Options
4. masukkan nama dan alamat e-mail
5. klik connect to server pada kotak dialog mIRC Options.Ketika proses berhasilakan muncul jendela mIRC Favorites
6. pilih salah satu channel yang ingin dimasuki,dan juga bisa menuliskan channeltersebut tersebut dalam kotak isian Enter a channel name and klick join.
7. jendela sebuah channel akan muncul jika sudah berhasil terhubungdengan sebuah channel
8. pada kotak bagian kanan,klik ganda pada salah satu daftar alias yangingin diajak mengobrolC. Penggunaan mailingList di Yahoogroups untuk berkomunikasiMilis (Inggris: mailing list) adalah group diskusi di internet dimana setiap orang bisa berlangganan dan berikutserta didalamnya.
Kategori kedua ini biasanya dikenal sebagai daftar diskusi.

A. membuat Mailing List di yahoo! groupslangkah-langkah sebagai berikut:
1. jalankan browser
2. buka situs yahoo!groups di http://groups.yahoo.com/.
3. klik sign in,untuk melakukan pendaftaran,lakukan login denganmenggunakan account Yahoo ID
4. klik create group,maka akan muncul start a group.selanjutnya,klik salah satu kategori yang merupakan deskripsi mailing list
5. ketika muncul halaman web berikutnya,klik link internet
6. ketika muncul halaman web berikutnya,klik tombol"place my group here"
7. ketikkan nama mailing list pada kotak group name,ketikkan alamat e-mail mailinglist pada kotak isian Enter your group e-mail address.
8. tentukan profil mailing list.ketikkan huruf yang terdapat dalam gambarke dalam kotak isian word verification,lalu klik tombol continue
9. selanjutnya akan ditampilkan halaman verifikasi atau konfirmasi bahwa telahberhasil membuat mailing list.
10.klik continue your group untuk mengatur keanggotaan kelompok mills
11.klik invite people to join untuk mengajak orang lain ikut bergabung dalammailing list12.klik sign out untuk menutup mailing list
B. Berkirim e-mail menggunakan mailing listlangkah-langkah sebagai berikut:
1. buat account e-mail
2. klik compose untuk membuat pesan yang akan di kirim melalui mailing list
3. pada kotak isian To,ketikkan alamat mailing list yang akan dituju,lalu klik send
4. setiap anggota mailing list akan menerima kiriman e-mail tersebut.Karena termasuk anggota mailing list,maka kita juga akan menerima e-mail yang kita kirimkan

 Ciri Khas MilisMilis dapat dikatakan mirip dengan forum internet karena sama-sama merupakan situs perkumpulan suatu kelompok dengan ketertarikan yang sama. Perbedaan milis dengan forum internet terletak pada adanya notifikasi yang didapat anggota milis pada email mereka masing-masing. Anggota milis dapat memilih apakah ia ingin setiap tulisan terbaru di milis masuk ke dalam notifikasi email mereka atau tidak.Sebuah [[mailing list]] hanyalah merupakan daftar dari alamat [[e-mail]] orang yang tertarik pada subjek yang sama, adalah anggota dari kelompok kerja yang sama, atau yang mengambil kelas bersama-sama. Ketika seorang anggota daftar mengirim catatan ke grup alamat khusus, e-mail akan disiarkan ke semua anggota daftar. Kunci keuntungan dari milis atas hal-hal seperti diskusi berbasis web adalah bahwa sebagai pesan baru akan tersedia mereka segera disampaikan kepada para peserta ’kotak surat’.Sebagian besar anggota milis merasa info-info dari milis tersebut hanya dapat memenuhi muatan email sehingga banyak yang memilih untuk tidak mendapatan notifikasi dari setiap info terbaru dari milis. Padahal, tidak semua orang sempat mengecek pembicaraan terbaru di milis sehingga notifikasi di email sebetulnya mempermudah anggota suatu milis agar mereka tak ketinggalan satu info pun.Dua macam milisAda dua macam pengertian jenis milis.1. Sebagai daftar pengumuman, di mana sebuah "mailing list" yang digunakan banyakorang sebagai penerima untuk buletin, majalah atau iklan. Secara tradisional, halini dilakukan melalui sistem pos, tetapi dengan munculnya e-mail, miliselektronik menjadi populer.2. Sebagai sarana yang memungkinkan anggota untuk melakukan meng-unduh dan memuatdata yang didapat kemudian disiarkan ke semua anggota milis lain.
Anggota milis dapat membaca surat dari orang lain dan kemudian mengirimkan balasannya.Secara sederhana, milis adalah sebuah daftar alamat surat elektronik yang mempunyai kesukaan/kepentingan yang sama.Saat seseorang mengirimkan surat yang kemudian dikirimkan ke semua orang yang terdapat di dalam daftar, penerima pesan memiliki kebebasan untuk membalas topik diskusi tersebut atau tidak.Setiap kali ada orang membalas sebuah surat, surat tersebut disalurkan ke setiap kotak surat masing masing orang yang terdapat di dalam daftar.Semua proses ini diatur oleh sebuah program yang dinamakan Mailing List Manager (MLM's) atau Mail Servers.Berdasarkan topik diskusi, milis ada bermacam-macam.
Ada milis umum, ada milis yang membahas bidang ilmu tertentu (misalnya Teknologi Informasi), ada senarai yang membahas masalah agama, dan sebagainya. Penyedia layanan milis yang dikenal luas antara lain adalah yahoogroups.com dan googlegroups.com.
Daftar untuk penggunaan milis dapat disebut sebagai daftar distribusi. Dalam milis yang legal atau tidak bermuatan spam, individu dapat berlangganan atau berhenti berlangganan sendiriDiskusi dan interaksi antarmanusia dapat dilakukan melalui jaringan Internet. Salah satu media yang paling sederhana untuk melakukan diskusi adalah e-mail menggunakan jasa mailing list server yang dapat menampung ribuan orang dalam berdiskusi melalui e-mail sekaligus.Pada tahun 1987-1988, ketika Internet masih belum berkembang seperti sekarang ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, California, Amerika Serikat membentuk mailing list Indonesia yang pertama[rujukan?] dengan alamat e-mailindonesians@janus.berkeley.edu.Berawal dari milis pertama di Janus diskusi-diskusi antar teman-teman mahasiswa Indonesia diluar negeri pemikiran alternatif berserta kesadaran masyarakat ditumbuhkan. Pola milis ini ternyata terus berkembang dari sebuah milis legendaris di janus, akhirnya menjadi sangat banyak sekali milis Indonesia terutama di host oleh server di ITB & egroups.com. Milis ini akhirnya menjadi salah satu sarana yang sangat strategis dalam pembangunan komunitas di Internet Indonesia.Persatuan komunitas pelajar dan mahasiswa Indonesia di luar negeri terbentuk dengan adanya fasilitas diskusi maya ini. Awal diskusi sangat membangun dan berjiwa nasionalis. Tema-tema yang diangkat lebih banyak mengenai dialog antarumat beragama.Beberapa Jenis Milis di IndonesiaDi samping mailing list bertema keagamaan, juga banyak terbentuk mailing list Indonesia yang sifatnya keilmuan seperti:1. pau-mikro@ee.umanitoba.ca – yang di kemudian hari menjadi mailing listawal para hacker (peretas) Indonesia.2. ids@listserv.syr.edu - jaringan kajian pembangunan Indonesia.Dengan adanya Internet di Indonesia pada tahun 1993-1994dan kepulangan para mahasiswa yang belajar di luar negeri ke Indonesia, mailing list Indonesia secara bertahap terbentuk di Indonesia.Dua buah komputer Pentium II di Institut Teknologi Bandung (ITB) yang merupakan sumbangan Alumni Institut Teknologi Bandung telah menyumbangkan banyak jasanya untuk pembentukan awal komunitas maya Indonesia sehingga jumlahnya mencapai ratusan mailing list. Beberapa mailing list yang bertahan di ITB sampai hari ini adalah itb@itb.ac.id dan dosen@itb.ac.id.Sebagian besar mailing list di atas telah menjadi sejarah. Keberadaan dan arsip banyak mailing list Indonesia di masa lalu dulu dapat dilihat di* http://www.umanitoba.ca/indonesian/milis.html, atau* http://www.airland.com/id/komputer/milis.html.Pada hari ini, forum komunitas maya Indonesia lebih banyak bertumpu pada fasilitas gratis yang diberikan oleh yahoogroups.com yang dapat diakses di http://groups.yahoo.com/ dan Google pada mesin http://groups.google.com/. Di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.or.id/ yang diletakan di Internet Service Provider CBN.Cara Menggunakan1. Mendaftar pada group yang diminati, biasanya terdapat pada yahoogroups.com.Pada tahap ini anggota baru akan diminta mengisi database agar informasi darisemua anggota terangkum dengan rapi.2. Mengirim pesan ke milis jika ada sesuatu yang ingin disampaikan seperti infolomba, berita kesehatan, dan lain-lain.
Sejarah Search Engine
  Menurut Danny Sullivan, istilah search engine optimization pertama kali digunakan pada 26 Juli tahun 1997 oleh sebuah pesan spam yang diposting di Usenet. Pada masa itu algoritma mesin pencari belum terlalu kompleks sehingga mudah dimanipulasi.
Versi awal algoritma pencarian didasarkan sepenuhnya pada informasi yang disediakan oleh webmaster melalui meta tag pada kode html situs web mereka. Meta tag menyediakan informasi tentang konten yang terkandung pada suatu halaman web dengan serangkaian katakunci (keyword). Sebagian webmaster melakukan manipulasi dengan cara menuliskan katakunci yang tidak sesuai dengan konten situs yang sesungguhnya, sehingga mesin pencari salah menempatkan dan memeringkat situs tersebut. Hal ini menyebabkan hasil pencarian menjadi tidak akurat dan menimbulkan kerugian baik bagi mesin pencari maupun bagi pengguna internet yang mengharapkan informasi yang relevan dan berkualitas.
Larry Page dan Sergey Brin, dua mahasiswa doktoral ilmu komputer Universitas Stanford, berusaha mengatasi permasalahan tersebut dengan membangun Backrub, sebuah mesin pencari sederhana yang mengandalkan perhitungan matematika untuk memeringkat halaman web. Algoritma tersebut, yang dinamakan PageRank, merupakan fungsi matematika yang kompleks berupa kombinasi antara perhitungan jumlah link yang mengarah pada suatu halaman web dengan analisis atas kualitas masing-masing link tersebut.
Berdasarkan prinsip kerja PageRank, secara umum bisa dikatakan bahwa halaman web yang memperoleh peringkat tinggi adalah halaman web yang banyak di-link oleh halaman web lain. Nilai PageRank juga akan semakin tinggi apabila halaman web yang mengarah kepadanya juga memiliki kualitas yang tinggi. Nilai sebuah link dari situs berkualitas tinggi seperti Yahoo! atau DMOZ dapat bernilai lebih tinggi daripada kombinasi nilai link dari seratus situs web berkualitas rendah.
Backrub hanyalah sebuah permulaan. Pada tahun 1998 Page dan Brin mendirikan Google yang merupakan versi tingkat lanjut dari Backrub. Dalam waktu singkat Google memperoleh reputasi dan kepercayaan dari publik pengguna internet karena berhasil menyajikan hasil pencarian yang berkualitas (tidak dimanipulasi), cepat, dan relevan. PageRank lantas menjadi standar baik bagi mesin pencari lain maupun bagi webmaster yang berusaha agar situs webnya memperoleh nilai PageRank setinggi mungkin sehingga menempati posisi tertinggi pada hasil pencarian.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar